Ilmu dan Agama

Ilmu berarti proses memperoleh pengetahuan. Perkembangan ilmu sangat dipengaruhi oleh perkembangan pola fikir manusia, kebenaran ilmu yang diperoleh sekarang merupakan suatu pengembangan dari kebenaran ilmu yang diperoleh sebelumnya dan kebenaran yang diperoleh sekarang merupakan langkah untuk menemukan kebenaran di masa datang, jadi kebenaran ilmu bersifat dinamis, sesuai dengan perkembangan pola fikir manusia, sebagai contoh: dahulu dikatakan bahwa seluruh tata surya mengelilingi bumi, tetapi setelah perkembangan ilmu, teori tersebut dapat dipatahkan dengan ilmuan masa setelahnya bahwa seluruh tata surya mengilililngi matahari , jadi dapat pula dikatakan ilmu bukan merupakan putusan yang final.

Agama memiliki pokok ruang lingkup, seperti: keyakinan, peribadatan, dan sistem nilai yang dikaitkan dengan peribadatan tersebut. Semua pemeluk agama menyakini bahwa kebenaran yang mereka percayai adalah suatu kebenaran yang mutlak dan kekal serta berasal dari Tuhan. Kebenaran agama tidak akan terpengaruh oleh perkembangan pola fikir manusia. Sebagai contoh: dalam kitab suci Alquran (kitab suci agama islam) dijelaskan bahwa, yang intinya, pencari makan dan pembuat sarang adalah lebah betina, jangankan masyarakat di abad ke-7, masyarakat di abad sekarang pun pasti masih ada yang belum mengenai hal ini dan terlebih cara membedakan lebah betina dan lebah jantan. Melalui perkembangan ilmulah yang dapat menjelaskkan secara ilmiah kebenaran teori lebah yang dijelaskan dalam Alquran tersebut, jadi kebenaran agama ialah bersifat kekal dan proses perkembangan ilmulah yang dapat menjelaskan secara ilmiah mengenai kebenaran agama.

intinya adalah agama tidak termasuk ilmu, karena agama kebenarannya bersifat kekal sedangkan ilmu kebenarannya bersifat dinamis atau dapat berubah sesuai dengan perkembangan pola fikir manusia. tetapi ilmu merupakan bagian dalam agama dan agama mewajibkan pemeluknya untuk menuntut ilmu. sebagai contoh, bagaimana seseorang dapat bereibadah jikalau oarangtersebut tidak memiliki ilmu peribadatan tersebut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s