Apakah Ilmu itu konsisten dan Netral?

Sains dapat dikatakan netral dan konsisten jika sains tersebut keputusannya tidak menghakimi dan mengkebiri individu maupun kelompok tertentu dan kebenarannya selalu sesuai dengan zaman. Dan jikalau sains tersebut telah dijadikan sebagai alat untuk menghakimi dan mengkebiri individu maupun kelompok tertentu dengan alasan tertentu maka jelas bahwa sains tersebut telah diarahkan oleh nafsu.

Salah satu bukti bahwa sains itu netral dan konsisten ialah pada peristiwa pernyataan Galileo mengenai matahari sebagai pusat tata surya, hal ini menimbulkan polemik dikalangan ilmuan pada zaman itu. Pada saat itu teori aristoteles-lah, bumi sebagai pusat tata surya, yang paling berkembang dan bahkan menjadi semacam kepercayaan dikalangan masyarakat Italia pada saat itu. Bahkan akhirnya Galilleo ditahan oleh penguasa sebagai tahanan rumah akibat penemuannya ini. Setelah berkembangnya teknologi astronomi maka terlihat dengan jelaslah bahwa mataharilah yang menjadi pusat tata surya.

Dari peristiwa tersebut dapat kita ketahui bahwa sains itu netral, hal ini terlihat karena tidak ada fihak yang dirugikan bahkan dihakimi oleh temuan sains tersebut, tetapi terkadang manusialah yang tidak bersikap netral terhadap sains tersebut, seperti merubah data, tidak mempublikasikan karena alasan politis, dll. Dalam peristiwa Galileo tersebut bahwa peran penguasa yang berbau politis itu sangat menodai kenetralan sains Galileo tersebut. Sains dapat dikatakan konsisten jika sains tersebut sesuai dengan perkembangan zaman, dapat kita lihat bahwa sains Galileo itu dapat terbukti dengan jelas seiring perkembangan zaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s