Dual boot windows xp-vista

seiring dengan kemajuan zaman dan kebutuhan seseorang akan sistem operasi. Dalam satu laptop/ pc dapat kita install xp dan vista sekaligus. Tidak hanya menggunakan vista dan xp, dalam sebuah komputer yang memiliki kapasitas harddisk yang cukup dapat diinstall beberapa OS, seperti: linux, unix, mac, windows xp dan windows vista sekaligus. Dalam tulisan ini saya secara khusus akan memaparkan cara menginstall xp-vista dalam satu laptop/ pc. Sebaiknya Anda menginstall vista dan xp dalam drive yang terpisah, misalnya di laptop/ pc Anda terdapat 2 drive C:\ dan D:\. maka Anda dapat menginstall xp di drive C:\ dan vista di drive D:\ atau sebaliknya. Sekedar pemberitahuan, kelemahan  dari OS xp dan vista dalam satu laptop/ pc ialah dalam hal sistem restore, sistem restore xp dan vista berbeda sehingga ada kemungkinan sistem restore xp terhapus oleh vista atau sebaliknya. Saya akan membagi menjadi 2 bagian dalam hal installasi xp-vista.

*  Install xp kemudian vista

Jika Anda telah menginstall xp baru kemudian Anda ingin menginstall vista, maka windows  vista dapat langsung dikenali oleh sistem windows xp. Pada saat booting windows xp biasanya dikenali dengan earlier version of windows. Anda dapat mengutak-atik booting xp menggunakan aplikasi EasyBCD, Power Booting yang dapat di download internet.

* Install vista kemudian xp

sedangkan ketika Anda telah menginstall vista baru kemudian Anda hendak menginstall  xp. Windows xp tidak akan mengenal windows vista karena boot loader vista tertimpa oleh boot loader xp, sehingga setiap kali laptop/ pc dioperasikan yang terbaca hanya windows xp. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menggunakan aplikasi dual booting, seperti EasyBCD. Pertama-tama Anda harus membuat dua entri booting,  tentunya Anda telah menginstall xp dan vista di drive yang berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s