Virtual Private Network

Setelah isu maen blokir2an, vpn kembali dibicarakan oleh beberapa kalangan masyarakat. umumnya mereka yang kecewa dengan pemblokiran akan mengambil jalan pintas dengan menggunakan teknologi ini. baiklah gw akan membahas sedikit mengenai VPN. VPN itu apa? apasih keuntungannya? bagaimana cara menggunakannya? dan yang paling penting, gratiskah?

VPN itu apa?

Sebenarnya makhluk apa sih ini, koq bisa2nya lolos proteksi dari keamanan Internet Service Provider(misalnya: speedy, IM2…) hha, itulah teknologi yang akan selalu berkembang.

Menurut IETF, Internet Engineering Task Force,
VPN is an emulation of [a]private Wide Area Network(WAN)
using shared or public IP facilities, such as the Internet orprivate IP backbones

Itulah yang dimaksud dengan VPN, sebuah jaringan internet yang memiliki jalur data yang private. sehingga komunikasi datanya tidak melalui ISP dan dengan demikian seluruh content yang diakses tidak dapat difilter oleh ISP. Sebuah VPN terdiri dari VPN Server dan VPN Client, hanya dengan keduanya dapat terjadi komunikasi data. prinsipnya sama dengan program client-server, VPN client di install di PC user sehingga nantinya bertugas melakukan authentifikasi dan enkripsi/dekripsi dan VPN server sebagai jembatan client untuk mengakses sebuah content, misalnya ketika user telah menggunakan VPN server dan mengakses google.com, maka server google akan membaca ada pengunjung dengan inisial IP Public VPN server, Bukan IP Public PC user.

flowvpn

Apasih keuntungannya?

Bicara tentang benefit tentu tidak lepas dari manfaat. keamanan, merupakan salah satu manfaat dari VPN. misalnya jika hendak membatasi hak akses pada sebuah jaringan, maka dengan VPN hal ini dapat diterapkan sehingga misalnya hanya user yang melewati VPN-lah yang bisa mengakses jaringan tersebut. ini telah diterapkan dibeberapa universitas seperti VPN at ITB dan VPN at university of lowa. sehingga nantinya hanya kalangan tertentu yang bisa mengakses jaringan tersebut dan juga meminimalisih gangguan dari luar ke jaringan tersebut. Lolos proteksi ISP, inilah salah satu yang juga menjadi perdebatan tersendiri karena secara langsung bersinggungan dengan etika berinternet. masih perlukah kekangan dari ISP, baik kekangan hak akses, bandwith, dan filtering. Kebebasan mendapatkan informasi seyogyanya juga menjadikan kita semakin dewasa terhapad teknologi yang ada, karena menurut saya self filteringlah yang hanya akan efektif menyaring konten-konten didunia internet. anonymous surfing, anda tidak akan terlacak didunia yang serbamaya disana, karena pada prinsipnya anda menirimkan perintah ke VPN server dan yang mengakses content di internet network adalah VPN server, kemudian VPN Server meneruskan lagi ke PC anda. tapi, secanggih apapun teknologi, anda dapat dilacak koq. jadi, jadilah netter yang bijak *hhe. *kl buat streaming film juga mntep nih hhaa

Bagaimana cara menggunakannya?

Simple saja, pertama anda menginstall program VPN client kemudian setelah itu anda akan diminta memasukkan data untuk masuk ke VPN Network, biasanya username dan password. setelah itu anda akan terkoneksi ke VPN Server dan selanjutnya silahkan bersurfing ria.

Gratiskah?

Umumnya berbayar, seperti: VPNGates dan banyak lainnya. tapi ada juga sih yang bayar, seperti: ultraVPN, Alonweb, dan banyak lainnya. perbedaan gratis sama yang byar jelas di kecepatannya, jaminan keamanannya, dan fitur lainnya.

jadi, yang terpenting ialah setelah kita mengetahui ini. jadilah netter yang budiman *sotoyy. Gunakan teknologi untuk kemajuan kita dan bertanggung jawablah.

reference:

http://id.wikipedia.org/wiki/VPN

– image: http://techpp.com/2009/07/09/top-5-free-vpn-clients/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s